FS UMI Buka Wawasan Mahasiswa Baru dengan Pemahaman Digital

FS UMI Buka Wawasan Mahasiswa Baru dengan Pemahaman Digital

Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia menggelar Kuliah Tamu dengan tema “Membangun Komunikasi, Budaya & Pendidikan di Era Industri 4.0” bersama Prof. Dr. Engkus Kuswarno, M.Si., Ahli Komunikasi Digital di Auditorium Al-Jibra, Kampus 2 UMI, Kamis (26/9).

Dekan Fakultas Sastra UMI, Prof. Dr. M. Basri Dalle, M.Hum. menyatakan bahwa kuliah umum ini ditujukan untuk membuka wawasan mahasiswa baru terkait perkembangan teknologi dan komunikasi digital.

“Mahasiswa baru perlu memahami perkembangan teknologi dan informasi, serta komunikasi digital agar kelak mereka dapat beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi serta menjawab tantangan revolusi industri 4.0”, ungkapnya.

Prof. Engkus selaku pembicara menyebutkan dalam era industri 4.0 ada 5 keterampilan yang harus dimiliki. Diantaranya complex problem solving, social skill, process skill, system skill, dan cognitive abilities.

“Di era 4.0 juga memaksa manusia memasuki dua dunia yaitu dunia riil dan dunia virtual. Ancaman di era digitalisasi akan menghilangkan sekitar 1-1,5 miliar pekerjaan sepanjang tahun 2015-2025, karena digantikannya posisi manusia dengan mesin terotomatisasi. Namun tentu ada peluang yang dapat dimanfaatkan yakni terbukanya peluang kerja hingga 21 juta pekerjaan baru pada tahun 2025”, ujarnya.

Sementara itu, Wakil Dekan III Fakultas Sastra UMI, Abd. Majid, S.Sos., M.Si. berharap agar mahasiswa berpikir semakin terbuka.

“Saya berharap dengan kuliah umum ini mahasiswa semakin terbuka dalam berfikir, wawasannya semakin luas sesuai dengan era 4.0”, jelasnya.

“Berkat kuliah umum ini saya dapat mengetahui tentang perkembangan teknologi kedepannya, serta bagaimana cara menghadapi tantangan yang semakin kompleks”, ujar Andi Istamuddin Nur, salah satu peserta seminar.

Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor II UMI, Prof. Dr. H. Salim Basalamah, S.E., M.Si. dan berlangsung dari jam 08.00-11.00 WITA dengan dihadiri oleh 500 mahasiswa baru dan civitas akademika Fakultas Sastra UMI.

Previous Tim Dosen Sastra Arab Libatkan Ibu-Ibu Majelis Taklim Produksi Bakso Ikan
Next WD 2 FS UMI dan Kaprodi PBSI FS UMI Ikuti Workshop Publikasi Internasional dan Jajaki Kerjasama

You might also like

Sastra UMI Tuan Rumah Lokakarya APPBIPA Sulsel

Tuntutan menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi. Selain telah ditelah dicantumkan dalam UU juga dalam era globalisasi yang tiadak ada sekat yang tisak bisa dihindari

Tiga Dosen Sastra Arab FS UMI Peroleh Lima Sertifikat HKI

Tiga orang dosen Program Studi Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia memperoleh lima sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI) diantaranya: Dr. H. Ruslan, M.A. sebanyak 1 sertifikat HKI untuk buku,

HIMSI Sastra Gelar UPGRADING Got Talent

Up Grading Got Talent berlangsung di Up Grading The 40th Intensive English Guidance di KNPI Sudiang, malam ini (25/1). Peserta yang mendaftar untuk mengikuti Up Grading Got Talent ini sebanyak

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply