Prodi Bahasa & Sastra Arab UMI 80 % Kualifikasi Doktor

Prodi Bahasa & Sastra Asia Barat (Arab) Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar 80% berkualifikasi doktor. Hal ini disampaikan tim asesor Dr. Afdhol Thariq.MA (Universitas Indonesia) dan Dr. Dihyatun Masqon, MA (Institut Studi Darussalam) dihadapan pimpinan Universitas dan Fakultas Sastra UMI yang diterima langsung di ruang pertemuan Fakultas Sastra UMI, 15 September 2014, dan akan melakukan visitasi 15 – 17 September 2014.

Turut hadir rektor UMI yang diwakili wakil rektor V bidang perencanaan dan kerjasama Prof.Dr. H. Ma’ruf Hafidz, SH.,MH, dekan Fakultas Sastra Dra. Hj. Muli Umiaty Noer, M.Hum, pimpinan fakultas sastra, ketua jurusan, dosen dan mahasiswa sastra Arab.

Dr. Dihyatun Masqon, MA dalam sambutannya, memberikan apresiasi yang sangat tinggi terhadap respon, penyambutan dan komunikasi yang intens. Saat ini, khususnya diluar negeri, bahasa Arab menjadi hal yang sangat diminati, contoh di UI, dari berbagai macam jurusan bahasa di UI, yang paling diminati adalah jurusan bahasa Arab. Hal yang sama terjadi dari pengalaman perjalanan ke luar negeri, seperti di Jerman, ditemukan penulis buku metode pembelajaran bahasa Arab yang dapat digunakan di seluruh dunia, tidak hanya terbatas pada pengguna bahasa Arab dengan dialek Jerman. Karena itu, kecendrungan kurangnya minat pada jurusan ini di berbagai tempat, karena belum memahami esensi bahasa Arab sebagai bahasa dunia.

“Saya yakin jurusan bahasa Arab di Fakultas Sastra UMI kedepan akan banyak diminati, terlebih melihat kebesaran UMI dan kualitas sumber daya pengajaran jurusan bahasa Arab UMI itu sendiri dengan 80 % kualifikasi doktor,” ungkapnya.

Dikatakan pula, Dihyatun juga optimis, forum visitasi yang juga menjadi medan silaturahmi menjadi media untuk sharing dan membangun tekad bersama untuk mengembangkan bahasa kedepan, bahasa kemanusiaan adalah bahasa Arab.

“Kita harus mencari pola untuk pengembangan menjadi jurusan yang sangat diminati,” tambahnya.

Hal yang sama disampaikan Dr. Afdhol Thariq, MA melihat kampus UMI dan fasilitas yang ada serta keramahan civitas akademika UMI. Kehadiran kami sebagai visitasi UMI untuk bisa sharing jika ada hal yang perlu dibicarakan mencari solusi untuk perbaikan ke depan atau pengembangan ke depan.

Prof. Dr. H. Ma’ruf Hafidz, MH juga memberikan gambaran tentang UMI sebagai perguruan tinggi islam, lembaga pendidikan dan dakwah. Yang saat ini memiliki 13 fakultas dan 51 program studi, mulai strata 1, magister dan doktor. Saat ini UMI memiliki 697 tenaga pengajar dengan kualifikasi guru besar 33 orang, 60 persen kualifikasi magister. Oleh karena itu, diharapkan kehadiran tim visitasi akan memberikan pencerahan pengembangan prodi bahasa Arab Fakultas Sastra UMI kedepan lebih baik, melihat potensi terutama SDM melebihi dari target.

Previous Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia UMI Divisitasi Tim Asesor
Next Foto: Peresmian Gedung Baru Fakultas Sastra UMI

You might also like

Fakultas Sastra UMI Gelar Raker dan Lokakarya Kurikulum

Fakultas Sastra (FS) UMI gelar Rapat Kerja (Raker) dan lokakarya kurikulum tanggal 6 s.d 8 Februari 2014 di Bapelkes Antang Makassar. Tema Raker dan lokakarya kurikulum Fakultas Sastra kali ini

Mahasiswa Sastra Inggris UMI Datangkan CEO & Founder Kaskus

Fakultas Sastra UMI mengadakan event yang diselenggarakan oleh Kaskus Indonesia untuk memperkenalkan film biografi yang berjudul Sundul Gan, Kamis (26/05) di Auditorium Al-Jibra Universitas Muslim Indonesia. Sundul Gan Goes to

HIMSI Sastra Gelar UPGRADING Got Talent

Up Grading Got Talent berlangsung di Up Grading The 40th Intensive English Guidance di KNPI Sudiang, malam ini (25/1). Peserta yang mendaftar untuk mengikuti Up Grading Got Talent ini sebanyak

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply