Program Studi Sastra Arab

Program Studi Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia

Visi Program Studi Sastra Arab FS UMI

“Melahirkan lulusan yang unggul, berakhlak mulia dan mahir dalam bidang kajian turas, yang terintegrasi dengan teknologi pada tingkat Nasional tahun 2026 dan Internasional tahun 2030”.

Makna Visi tersebut adalah untuk menyamakan persepsi dan pemahaman civitas akademika tentang arah pengembangan Prodi Sastra Arab FS UMI:

Unggul: Program Studi Sastra Arab memiliki sarana dan prasaran yang memadahi untuk menunjang terlaksananya proses pembelajaran sehingga menghasilkan luaran yang mumpuni dalam kajian Sastra Arab sesuai kebutuhan pengguna lulusan.

Berakhlak Mulia: Pelaksanaan tridarma perguruan tinggi meliputi pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan dakwah, Program Studi Sastra Arab UMI berlandaskan pada nilai-nilai Islam, untuk menghasilkan luaran yang berakhlaqul karimah (berbudi pekerti luhur), peka, dan peduli terhadap lingkungan, Istiqamah (teguh dan tahan uji). Melalui proses tersebut diharapkan luaran berbudi pekerti luhur, berdedikasi dan berdaya juang tinggi serta mendahulukan kepentingan umat.

Mahir dalam Bidang Kajian Turas: Bahwa lulusan mampu dan terampil dalam mengeksplorasi kandungan nilai-nilai turas yang sesuai dengan nilai-nilai moderen dalam Sastra Arab.

Terintegrasi dengan teknologi pada tingkat Nasional tahun 2026 dan Internasional tahun 2030: Luaran mampu mengadaptasikan diri dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju dan berkembang serta mampu membawa nilai-nilai Sastra Arab tersebut pada tingkat Nasional tahun 2026 dan Internasional tahun 2030

Misi Program Studi Sastra Arab FS UMI

1. Menyelenggarakan kegiatan akademik dalam bidang sastra arab untuk mahir dalam bidang kajian turas dengan penggunaan teknologi informasi yang dilandasi oleh nilai-nilai keislaman;
2. Melaksanakan kegiatan penelitian sebagai pengembangan keilmuan dan keterampilan dalam bidang kebahasaan dan kesusastraan Arab yang memberikan dampak pada pengembangan sastra Arab yang terintegrasi dengan teknologi informasi;
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi keilmuan yang ditekuni dalam bidang Sastra Arab yang berkarakter islami.
4. Mengembangkan kerjasama dalam bentuk kemitraan dengan organisasi, lembaga-lembaga Nasional dan Internasional untuk mendapatkan informasi kebahasaan dalam rangka pengembangan Sastra Arab.

Tujuan Program Studi Sastra Arab FS UMI

Misi 1. Menyelenggarakan kegiatan akademik dalam bidang sastra arab untuk mahir dalam bidang kajian turas dengan penggunaan teknologi informasi yang dilandasi oleh nilai-nilai keislaman.

M1T1 Meningkatkan kompetensi akademik SDM (dosen) dalam penguasaan konsep, teori dan praktek dalam bidang pengkajian Sastra Arab.
M1T2 Meningkatkan keterampilan profesional SDM (dosen) dengan memberikan peluang mengikuti berbagai macam pelatihan, seminar baik tingkat Nasional maupun Internasional.
M1T3 Meningkatkan kemampuan teknis (hardskill) serta softskill mahasiswa untuk menunjang profesionalisme di bidang Sastra Arab.

Misi 2. Melaksanakan kegiatan penelitian sebagai pengembangan keilmuan dan keterampilan dalam bidang kebahasaan dan kesusastraan Arab yang memberikan dampak pada pengembangan sastra Arab yang terintegrasi dengan teknologi informasi.

M2T4 Meningkatnya kemampuan dosen dalam penelitian dan pengembangan teori dan praktek dalam bidang kebahasaan dan kesusastraan Arab.
M2T5 Berkembangnya wawasan dalam bidang Sastra Arab melalui kegiatan desiminasi hasil penelitian dalam proses pembelajaran.
M2T6 Meningkatnya publikasi ilmiah hasil penelitian dalam bidang Sastra Arab pada prosiding/jurnal Nasional dan Internasional.

MISI 3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi keilmuan yang ditekuni dalam bidang Sastra Arab yang berkarakter islami.

M3T7 Menerapkan keahlian dosen dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat pada berbagai topik Kebahasaan dan Kesusastraan Arab.
M3T8 Melaksanakan kerjasama dengan berbagai pihak (lembaga) untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
M3T9 Meningkatkan hasil PkM yang diseminasikan dalam proses pembelajaran.

MISI 4. Mengembangkan kerjasama dalam bentuk kemitraan dengan organisasi, lembaga-lembaga Nasional dan Internasional untuk mendapatkan informasi kebahasaan dalam rangka pengembangan Sastra Arab.

M4T10 Menyediakan layanan fasilitas audiovisual berbasis teknologi informasi untuk mengakses informasi dari lembaga-lembaga yang memberikan pendidikan dan pelatihan Sastra Arab.
M4T11 Meningkatkan efektivitas layanan praktikum di laboratorium. M4T12 Meningkatkan peran native speaker (penutur asli) dalam proses pembelajaran.
M4T13 Meningkatkan peran alumni untuk berpartisipasi dalam pengembangan program studi.

Dosen Tetap

Drs. Usman Ismail, M.A.
Drs. M. Nur Wakka, M.A.
Drs. Muhammad Nawawi, M.A.
Dr. Ruslan, M.A.
Dr. Nurtaqwa Amin, M.Hum.
Dr. Nurjannah, S.S., M.Pd.
Dr. Agussalim Beddu Malla, S.S., M.A.

Kurikulum Program Studi Sastra Arab