Tim Dosen Sastra Arab Libatkan Ibu-Ibu Majelis Taklim Produksi Bakso Ikan

Tim Dosen Sastra Arab Libatkan Ibu-Ibu Majelis Taklim Produksi Bakso Ikan

Tim Dosen Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia, Dr. Hj. Nurjannah Abna, S.S., M.Pd. dan Drs. H. M. Nawawi, M.A. memberi pelatihan pembuatan bakso ikan bandeng bagi ibu-ibu pengurus dan anggota Majelis Taklim Nurul Ukhuwah Desa Borikamase Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros yang berjumlah 40 orang. Kegiatan pengabdian masyarakat yang melibatkan ibu-ibu Majelis Taklim memproduksi bakso ikan bandeng ini berlangsung selama dua hari yakni Sabtu-Ahad, 21-22 September 2019.

“Pelatihan pembuatan bakso ikan bandeng nagi ibu-ibu Majelis Taklim Nurul Ukhuwah Desa Borikamase, Kabupaten Maros sebagai kelompok mitra merupakan implementasi program pengabdian masyarakat dan dakwah yang merupakan bagian integral dari tiga dharma (tri dharma) perguruan tinggi”, ungkap Dr. Nurjannah Abna saat ditemui di sela-sela Pelatihan bertempat di Aula Masjid Nurul Mukminin Dusun Padang Assitang Desa Borikamase.

Dr. Nurjannah Abna menjelaskan dipilihnya bakso sebagai objek pengabdian dikarenakan bakso merupakan salah satu jenis makanan yang digemari berbagai kalangan. “Tua maupun muda, anak-anak maupun orang tua menyukai bakso. Sehingga usaha bakso ikan dapat menjadi mata pencaharian alternative dan memiliki prospek usaha yang menyasar berbagai kalangan dengan biaya produksi yang terjangkau dan bahan yang mudah didapat serta murah”, jelasnya.

“Lokasi penempatan usaha juga di Desa Borikamase memiliki prospek yang menjanjikan untuk pengembangan usaha dan organisasi. Umumnya olahan bakso yang beredar di masyarakat menggunakan daging sapi, sementara desa Borikamase merupakan penghasil ikan bandeng. Sehingga potensi desa dapat terangkat dengan adanya usaha pembuatan bakso ikan bandeng”, terang Dr. Nurjannah Abna yang juga pengurus Majelis Taklim Ukhuwah UMI.

“Program pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat membekali pengurus dan anggota Majelis Taklim Nurul Ukhuwah dengan keterampilan mengolah bakso ikan dan pemasarannya, sehingga selain untuk konsumsi keluarga juga dapat menambah pendapatan keluarga dan pemasukan bagi kas majelis taklim”, ungkap Alumni Prodi. Sastra Arab Fakultas Sastra UMI ini.

Dr. Nurjannah Abda merinci bahwa kegiatan pengabdian ini diawali dengan sosialisasi pada bulan Agustus 2019 dengan tujuan membangun persepsi yang sama antara tim dan juga pengurus dan anggota Majelis Taklim Nurul Ukhuwah. Dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan bakso ikan bandeng dan diskusi teknik pemasaran bakso ikan bandeng pada bulan September 2019.

Kepala Desa Borikamase, Aswin mengungkapkan rasa terima kasih atas program pengabdian masyarakat yang dilakukan di Desa Borikamase. “Terima kasih kami ucapkan kepada tim pengabdian masyarakat dari Prodi. Sastra Arab FS UMI atas kesediaannya meluangkan waktunya untuk berbagi dengan warga kami di Desa Borikamase”, ungkapnya. (Editor: Azkar Humas UMI)

Previous FS UMI Jalankan Amanat sebagai Petugas Upacara HUT RI ke-74
Next FS UMI Buka Wawasan Mahasiswa Baru dengan Pemahaman Digital

You might also like

Sekjen MK RI Hadir di Sastra UMI

Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia (FS-UMI) Makassar gelar kuliah perdana dengan mengundang tokoh sebagai pemateri. Fakultas Sastra mendatangkan Prof Dr M Guntur Hamzah yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FS UMI Raih Akreditasi B

Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar patut berbangga. Prodi yang berkantor di lantai 2 Fakultas Sastra UMI ini mendapat pengakuan dengan resmi

FS UMI Jalankan Amanat sebagai Petugas Upacara HUT RI ke-74

Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia menjalankan amanat sebagai petugas upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Hal ini merupakan tradisi tahunan, dimana pada tahun sebelumnya petugas

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply